Tips Berkendaraan Aman di Musim Hujan

  • Admin Dishub
  • 23 November 2017
  • Dibaca: 530 Pengunjung

Kecelakaan lalulintas biasanya terjadi bisa dikarenakan banyak sebab, salah satunya adalah dengan jalan licin dan tergenang sehingga membahayakan pengendara yang melintas. Dibawah ini ada tips yang bisa anda terapkan saat berkendara dalam musim hujan, sehingga dalam berkendara di musim hujan anda bisa tetap aman dan nyaman.

Pertama adalah anda bisa memeriksa apakah lampu pada kendaraan anda masih dalam kondisi yang baik dan normal. Lampu pada kendaraan anda sangat berfungsi pada saat pandangan anda terbatas terutama saat musim hujan. Anda bisa menyalakan lampu utama kendaraan anda meski hanya huja rintik rintik karena dengan menyalanya lampu kendaraan dapat memberikan tanda kepada kendaraan yang lainnya.

Kedua adalah anda bisa memeriksakan kondisi ban anda secara rutin, kondisi ban yang baik dapat memberikan anda kenyamanan dalam berkendara. Terutama saat anda mengendarai kendaraan di musim hujan sehingga grip ban anda bisa lebih baik lagi. Jangan sekali anda menggunakan ban yang sudah “botak” atau sudah tipis saat berkendara di musim hujan karena bisa membahayakan keselamatan anda.

Ketiga, periksa berbagai macam kontrol utama kendaraan anda seperti rem, perseneling, gas, dan lain lain apakah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Apabila anda tidak mengetahui bagaimana cara memeriksa bagian bagian ini anda bisa lekas membawanya ke bengkel terdekat.

Keempat, anda bisa menggunakan perlengkapan hujan seperti alas kaki yang tidak licin, tahan air dan juga aman untuk dipakai dalam kondisi hujan. Selain itu anda juga bisa mempergunakan jas hujan dan celana ketimbang mempergunakan jas ponco yang bisa beresiko tersangkut kedalam bagian gerigi motor yang tentunya dapat membahayakan keselamatan anda saat berkendara.

Kelima anda bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan anda, karena dalam posisi hujan perangkat rem biasanya berkurang tingkat sensitivitasnya.

Keenam perhatikan kondisi jalan yang anda lalui, jangan pernah menerobos kubangan air secara gegabah karena bisa jadi kubangan air tersebut memiliki kedalaman yang bisa membahayakan anda.

Share Post :