Sesuai surat Sekda No. 005/1588/Setda/Org/2018, Prihal : Pembinaan Pelayanan Publik, Dishub Buleleng menerima Ketua Tim dan anggota Tim Pembinaan Pelayanan Publik Kabupaten Buleleng. Selasa (10/04/2018).
Tim yang digawangi oleh Bapak Made Sutama, dari Bagian Organisasi diterima oleh Kadishub Buleleng, Bapak Gede Gunawan AP. yang didampingi Kasubag. Umum dan Keuangan, Bapak Nyoman Sudarsana, S.Sos., di ruang kerja Kadishub. Pelaksanaan pembinaan ini langsung pada substansi, yakni aplikasi di gedung pengujian Ranmor milik Dishub. Buleleng.
Salah satu pelayanan publik yang diatensi Dinas Perhubungan adalah pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor atau sering disebut uji Kir. Pelayanan Uji Kir ini secara administrasi dibawah Tupoksi Bidang Tehnik dan Sarana, degan Kepala Bidang, Bapak Ketut Supartha, S.Sos., MM telah merancang SOP pengujian Ranmor.
Secara umum aplikasi kegiatan Kir yang dilaksanakan oleh Dishub Buleleng sudah bagus. Hal ini terlihat dari pencatatan admininitrasi yang menunjang pelaksanaan transparansi pelayanan publik sudah dipersiapkan secara matang. Seperti akses dissabilitas jika yang bersangkutan melakukan uji kir, diagram alur prosses uji Kir, adanya visi, misi dan motto pelayanan, petugas yang melaksanakan pelayanan bertribut jelas, adanya standar biaya yang transparan, himbauan tidak menggunakan calo, pengaduan saber Pungli dan ketidaknyamanan, dan lain-lain.
Tim pembina puas dengan pelaksanaan pelayanan publik uji KIR di Dishub Buleleng, dan berminat akan menominasikan Dishub Buleleng sebagai dinas pelayanan publik sample yang akan di uji petik oleh Ombusmend. Saran Tim Pembina yang menyarankan agar menempel Foto petugas berukiran post card di setiap loket akan segera ditindak lanjuti.